Media sosial (social media) adalah sebuah saluran atau sarana
pergaulan sosial secara online menggunakan jaringan internet, biasa
disebut juga dengan media online. Media sosial menjadi salah satu sarana
komunikasi yang populer di masyarakat umum yang tidak mengenal batas
usia. Bukan hanya kalangan remaja, namun juga orang dewasa, hingga anak
kecil pun begitu akrab dengan media sosial
Seperti facebook
twitter, bbm, we chat, whatsapp, instagram atau media lain, yang pasti
dapat mempermudah dalam berkomunikasi. Dengan menggunakan jaringan
internet kita bisa terhubung ke media sosial dengan biaya sesuai dengan
ketentuan operator.
Media sosial memiliki banyak kegunaan dalam
kehidupan masyarakat saat ini, media sosial bukan hanya digunakan
sebagai sarana berkomunikasi, karena media sosial kini juga dijadikan
sebagai sarana untuk berbisnis
Sudut pandang kegunaan media
sosial pun kini mulai berubah, dikarenakan semakin banyak hal yang bisa
dilakukan dengan media sosial. Jika dulu untuk terhubung ke internet
agar bisa online dibutuhkan perangkat yang kompleks dan rumit, namun
sekarang ini hal itu tidak terjadi lagi. Bahkan di pedesaan pun akses
internet sudah sangat mudah di akses.
Dengan demikian, kesempatan
untuk mengakses informasi jadi semakin mudah dan luas. Kemudahan ini
tentunya jangan sampai dilewatkan begitu saja, tapi harus bisa juga
dijadikan usaha untuk meningkatkan taraf hidup.
Menurut beberapa
penelitian, sebuah negara dapat dikatakan sebagai negara yang maju
apabila jumlah pengusahanya cukup untuk menopang pertumbuhan ekonomi
negara tersebut. Pertumbuhan ekonomi di Indonesia pun tidak lepas dari
peran para pengusaha, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin
canggih. Pada era digital seperti saat ini, para pengusaha banyak yang
menjalankan bisnisnya menggunakan media sosial. Dengan media sosial
siapa pun bisa menjadi pengusaha dalam bidang apa pun.
Dalam
berbisnis, media sosial digunakan sebagai media promosi
produk-produknya. Untuk menerapkan manfaat media sosial sebagai tempat
untuk mempromosikan bisnis bukanlah hal yang sulit dilakukan, karena
jumlah pengguna media sosial kini semakin meluas. Berbisnis dengan
menggunakan media sosial atau biasa disebut dengan bisnis online ini,
lebih efisien dan menyenangkan, dan lebih minim modal. Dengan berjualan
secara online, prosesnya bisa dilakukan dari mana pun selama ada
internet.
Bukan hanya modal yang kecil, namun bisnis ini juga
lebih efisien dan dapat dijadikan sebagai usaha sampingan, karena dapat
dilakukan tanpa khawatir pekerjaan lain terbengkalai.
Dengan
demikian banyak orang yang hanya bermodalkan laptop, gadget atau
komputer di rumah bisa menghasilkan puluhan hingga ratusan juta setiap
bulannya hanya dengan duduk dirumah. Bisnis dengan media sosial ini,
dapat dilakukan berbagai kalangan, ibu rumah tangga, para pekerja
kantor, pegawai pabrik, anak-anak remaja, mahasiswa mahasiswi pun banyak
yang menjalankan bisnis online dengan media sosial.
Para pengguna
media sosial harus semakin kreatif dalam menggunakan media sosial, agar
bisa memenangkan persaingan dalam bisnis ini, dari sisi model penawaran
maupun kualitas jasa dan produk yang Anda jual. Mengingat bisnis online
ini dapat dikatakan sebagai bisnis yang cukup menjanjikan, sehingga
banyak orang yang memanfaatkan banyak peluang tersebut untuk mendapat
keuntungan. Seperti bisnis fashion, kuliner, elektronik dan masih banyak
lagi. Begitu beragam peluang bisnis dalam media sosial, ini yang
menjadi alasan media sosial semakin populer dan digemari oleh
masyarakat.
Meskipun banyak kegunaan positif dari media sosial,
tetap akan ada pula hal-hal negatif yang bisa muncul dari penggunaan
media sosial yang dapat berdampak buruk bagi penggunanya sendiri dan
orang lain, karena pengguna media sosial sangat banyak di seluruh dunia.
Dalam bisnis online pun tidak sedikit terjadi penipuan yang dilakukan
oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Risiko selalu mengintai,
seperti barang tidak sampai tujuan atau mengalami kerusakan. Risiko
dalam pembelian online dan mempromosikan barang secara online terkadang
terkendala karena kualitas barang yang tidak bisa ditentukan. Namun
selama produk adalah produk aman seperti pakaian, sepatu dan lainnya
yang tidak akan rusak ketika dibanting atau perjalanan panjang.
Keberanian
dalam mengambil risiko bisnis adalah modal awal dari seorang pengusaha.
risiko selalu menjadi sisi mata uang dunia bisnis yang tidak mungkin
dihindari. Makin tinggi risiko makin besar potensi keuntungan dibalik
itu. Namun yang harus diyakini siapa saja yang ingin merintis bisnis
adalah kita bisa mengontrol risiko tersebut. Dalam menjalankan bisnis
online juga diperlukan kejujuran, agar tidak mengecewakan konsumen.
Media
sosial juga banyak muncul informasi-informasi yang belum tentu
kebenarannya atau biasa disebut Hoax, maka perlu berhati-hati dalam
penggunaan media sosial dalam kehidupan sehari-hari. Konten media sosial
juga mudah memberi pengaruh negatif, mengingat pengguna media sosial
pada saat ini bukan hanya orang dewasa atau para remaja, namun juga
banyak anak-anak kecil yang ikut menggunakan media sosial. Banyaknya
pengguna media sosial yang berasal dari anak-anak, maka para orang tua
harus semakin hati-hati dalam mendidik anaknya.
Para pengguna
media sosial harus pandai memanfaatkan peluang yang ada dalam media
sosial, agar tidak ada dampak negatif dalam penggunaan media sosial.
Dari pada menyalah gunakan media sosial dengan hal-hal yang tidak
bermanfaat, ada baiknya media sosial digunakan sebagai mana mestinya,
banyak peluang yang harus dimanfaatkan dengan baik, yang sangat sayang
sekali apabila dilewatkan begitu saja, menjadi pengguna media sosial
yang baik dan berpeluang menjadi pengusaha yang sukses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar