Jumat, 31 Agustus 2012

Penyakit dan Kelainan Pada Sistem Ekskresi dan Reproduksi

Penyakit dan Kelainan Pada Sistem Ekskresi dan Reproduksi



Alat ekskresi dan reproduksi pada manusia memang sangat penting, alat ekskresi berguna untuk mengeluarkan zat sisa yang tidak berguna tubuh, baik dari kulit atau ginjal. Sedangkan alat reproduksi yaitu proses terbentuknya individu baru, yang bertujuan untuk melestarikan spesies agar tidak punah.
Karena pentingnya organ tersebut kita harus bersyukur kepada Tuhan dan juga menjaganya agar tidak terjadi kelainan pada organ tersebut. Berikut adalah Penyakit dan Kelainan Pada Sistem Ekskresi dan Reproduksi Beserta gambar.

1. PENYAKIT DAN KELAINAN PADA SISTEM EKSKRESI

   A. Ginjal
  • Batu Ginjal
Batu ginjal terjadi karena pengendapan garam kalsium karbinat pada rongga ginjal, saluran ginjal atau kantung kemih. Batu ginjal berbentuk kristal yang tidak bisa larut. Penyebabnya adalah karena terlalu banyak mengonsumsi garam mineral dan sedikit minum.




  • Nefritis
Nefritis adalah kerusakan bagian glomerulus ginjal akibat racun kuman. Nefritis disebabkan adanya bakteri Streptococcus
  
  B. Kulit

  • Skabies
Skabies disebut pula "seven-year itch" atau bahasa jawanya disebut koreng atau gudig. Penyakit tersebut disebabkan oleh Parasit insekta yang sangat kecil atau Sarvoptes scabies.  Penyakit ini dapat menular pada orang lain jika bersentuhan langsung.



  • Jerawat
Jerawat merupakan gangguan umum yang bersifat kronis pada kelenjar keringat. Jerawat biasanya dialami anak remaja. Pemijitan atau terlalu sering disentuh harus dihindari, hal ini dikarenakan dapat menimbulkan infeksi. Cara pencegahannya yaitu makan makanan yang seimbang, sering berolahraga dan menjaga kebersihan kulit.


2. PENYAKIT DAN KELAINAN PADA SISTEM REPRODUKSI

  • Sifilis
Sifilis adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum. tandanya adalah terjadi luka pada alat kelamin, rektum, lidah, dan bibir. Kemudian pembengkakan getah bening pada bagian paha, bercak-bercak diseluruh tubuh, tulang dan sendi terasa ruam pada tubuh. khususnya tangan dan kaki. Tanda-tanda tersebut bisa hilang, namun bakteri penyebab penyakit masih didalam tubuh. Penyakit ini dapat disembuhkan jika dilakukan pengobatan dengan antibiotik dengan cepat. Penyakit Sipilis dibedakan menjadi 3, yaitu :
  a.) stadium I , masa inkubasi +- 3 minggu
  b.) stadium II masa inkubasi  6 - 8 minggu
  c.) stadium III timbul +- 3 - 10 tahun setelah infeksi, berakibat merusak semua jaringan.

  • Gonore (Kencing nanah)
Gonore disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorhoea. Gejala dari Gonore adalah keluarnya cairan seperti nanah dari saluran kelamim, rasa panas dan sering kencing. Bakteri penyebab penyakit ini dapat menyebar ke seluruh tubuh sehingga menyebabkan nyeri pada persendian dan dapat mengakibatkan kemandulan. Penyakit ini dapat disembuhkan jika dilakukan pengobatan dengan antibiotik dengan cepat.

  • Herpes Genetalis

Herpes Genetalis disebabkan oleh virus. Virus penyebab penyakit tersebut adalah Herpes simpleks. Gejala yang dialami penderita antara lain rasa gatal atau sakit pada dareah penyakit daerah kelamin dan adanya luka yang terbuka atau lepuhan berair. Penyakit ini sering berkembang menjadi kanker mulut rahim.

  • AIDS
AIDS atau singkatan dari Accuired Immuno Deficiency Syndrome ini disebabkan oleh HIV atau Human Immunodeficiency Virus. Penyakit ini adalah penyakit yang mengerikan, mengapa? karena penyakit ini menyerang imun atau kekebalan tubuh seseorang. Padahal yang dibutuhkan untuk menangkal penyakit adalah kekebalan tubuh itu sendiri. Jadi jika imun seseorang menurun atau bahkan menghilang maka akan banyak penyakit yang datang tetapi tidak bisa disembuhkan, dan sampai sekarang belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit ini.

Perilaku yang beresiko menularkan HIV :
  ~  Hubungan seks dengan penderita HIV
  ~  Menggunakan jarum suntik yang sudah terkontaminasi HIV
  ~  Memakai jarum tindik atau tato

Fase dan Gejala HIV
  Fase I               :  seperti orang normal atau belum memperlihatkan gejala. fase ini berlangsung 5-7 tahun, tergantung kekebalan tubuh
  Fase II             :   gejala yang timbul antara lain hilang selera makan, tubuh lemah, keringat berlebihan di malam hari, timbul bercak di kulit. fase ini berlangsung 6-2 tahun
  Fase  AIDS     :   berlangsung 3 - 6 bulan. kekebalan tubuh sangat rendah dan timbul penyakit secara terus menerus seperti  TBC, Pneumonia, Herpes dsb..


Sekian sedikit informasi tentang Penyakit dan Kelainan Pada Sistem Ekskresi dan Reproduksi beserta gambar dari saya. jika sekiranya bermanfaat atau ada yang kurang silahkan tinggalkan komentar dengan baik. Terima Kasih Banyak...
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman

Ads 468x60px

Featured Posts

SELAMAT DATANG SAHABAT PENGUNJUNG "BLOGKU YANG SETIA"... TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG SAYA!!!!

Main-nav-Menu (Do Not Edit Here!)

@2014 Aidzin_iman.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Social Icons

Fish