Jumat, 31 Agustus 2012

Pengertian Topologi Jaringan Komputer

Pengertian Topologi Jaringan Komputer

Categories:
Belajar Jaringan Komputer : Pengertian Topologi Jaringan Komputer

Artikel ini akan membahas tentang pengertian Topologi Jaringan yang diambil dari beberapa sumber antara lain :
  • Topologi Jaringan Komputer
Topologi mendefinisikan peta dari jaringan. Topologi jaringan secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu topologi fisikal dan topologi logical Membahas berbagai macam topologi, namun didalam tugas akhir ini penulis berinisiatif merancang jaringan dengan menggunakan topologi star.
  • Topologi Jaringan
Topologi jaringan menjelaskan struktur dari suatu jaringan komputer. Satu bagian dari definisi topologi adalah physical topology, dimana merupakan suatu layout aktual dari kabel. atau media. Bagian lainnya adalah logical topology, yang menjelaskan bagaimana host-host mengakses media untuk mengirim data.
  • Definisi Topologi
Topologi adalah istilah yang digunakan utk menggambarkan bagaimana cara komputer terhubung dalam suatu jaringan. Topologi fisik menguraikan layout aktual dari perangkat keras (hardware) jaringan, sedangkan topologi logika menguraikan perilaku komputer pada jaringan dari sudut pandang operator manusianya (brainware). Pada pokok bahasan kali ini kita akan mengupas mengenai Topologi Jaringan secara Fisik.
  • Pengertian Topologi
Topologi jaringan atau arsitektur jaringan adalah gambaran perencanaan hubungan antarkomputer dalam Local Area Network yang umumnya menggunakan kabel (sebagai media transmisi), dengan konektor, Ethernet card, dan perangkat pendukung lainnya. Dede Sopandi (2004) membagi topologi jaringan berdasarkan fungsinya, yakni: topologi fisik dan topologi logic












Tidak ada komentar:

Posting Komentar